Menu

Pusaka Keris Bethok Brojol Tangguh Tuban Jenggala

KategoriDhapur Bethok Brojol, Keris, Keris Lurus, Keris Sepuh, Pamor Wengkon Isen, Tangguh Tuban
KodeK195
Di lihat459 kali
DhapurBethok Brojol
PamorWengkon Isen
TangguhTuban Jenggala
Panjang Bilah28,5 cm
WarangkaLadrang Surakarta Kayu Trembalo Kuno
Deder / HuluSurakarta Bahan Kayu Kemuning Bang Kuno
PendokBlewah Mamas Surakarta Kuno
Harga Rp (Hubungi CS)
SUDAH TERMAHAR

Ulasan Pusaka Keris Bethok Brojol Tangguh Tuban Jenggala

Pusaka Keris Bethok Brojol Tangguh Tuban Jenggala

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Bethok Brojol
  • Pamor (motif lipatan besi) : Wengkon Isen
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Tuban Jenggala
  • Panjang Bilah : 28,5 cm
  • Warangka : Ladrang Surakarta Kayu Trembalo Kuno
  • Handle / Gagang : Surakarta Bahan Kayu Kemuning Bang Kuno
  • Pendok : Blewah Mamas Surakarta Kuno
  • Mendak : Kuningan Sepuh Perak
  • Kode: K195

Tentang Dhapur Bethok Brojol

Brojol adalah salah satu bentuk dhapur keris lurus. Ada dua versi bentuknya; yang pertama, panjang bilahnya hanya sekitar 15 sampai 19 cm, bilahnya tipis, rata dan biasanya merupakan keris kuno. Pejetan yang ada hanya samar-samar saja. Gandhik-nya pun polos dan tipis. Kadang-kadang memakai gonjo iras (menyatu dengan bilah). Kadang-kadang pula pada bilahnya ada lekukan-lekukan dangkal, seolah lekukan itu bekas ‘pijitan‘ dari jari tangan. Keris brojol jenis pertama ini (pendek) sering disalahkaprahkan secara berjamaah dengan sebutan keris Sombro, padahal sombro adalah nama empu wanita dari Pajajaran yang hijrah ke Tuban. Sebagian pecinta keris, terutama orang-orang tua pada jaman dahulu percaya bahwa keris dhapur brojol varian pertama ini memiliki tuah yang dapat memperlancar persalinan. Sedangkan jenis brojol yang kedua, ukuran panjang bilahnya sama dengan keris biasa, sekitar 30-35 cm. Gandhik-nya polos dengan ricikan hanya pejetan (kentara) tanpa ricikan lain.

Pamor Wengkon Isen

Pamor wengkon adalah pamor yang bentuknya menyerupai garis yang membingkai sepanjang sisi pinggir bilah. Pola pamor ini melambangkan perisai, perlindungan, atau penangkal terhadap suatu malapetaka, penyakit, nasib buruk dan kejadian-kejadian yang tak terduga. Sedangkan isen dalam bahasa Jawa artinya adalah isian. Maksud pamor wengkon isen adalah bentuk pamor wengkon yang mempunyai isian pamor lain di dalamnya. Tuahnya kira-kira hampir sama.

Tangguh Tuban Jenggala

Kesan kereng, birawa, berani dan wingit terpancar dari aura keris ini bak kisah Ronggolawe. Nama Ronggolawe tidaklah mungkin dipisahkan dari sejarah Tuban dan Majapahit. Ronggolawe, Adipati Tuban sangat berjasa kepada Majapahit, yang akhirnya justru dianggap memberontak terhadap kerajaan yang dibesarkannya itu. Demi sebuah sikap dan ketidak-adilan menyeret Ronggolawe pada posisi yang berseberangan dengan sang Raja.

Pamornya kurang menyala dan besinya terlihat kering, kemungkinan saat penyepuhannya menggunakan air laut (berkadar garam tinggi), tapi jangan salah sangka besinya sangat rapat dan matang tempa, apabila disentil dengan ujung telunjuk akan terdengar suara dentingannya. Ketika keris ini dilolos dari warangkanya mempendengarkan suara resonansi yang nyaring bak pedang katana/samurai jepang.

Pada bagian gonjo terlihat agak tinggi atau tebal dengan gendok (perut gonjo) gendut menegaskan ciri wetanan-nya gonjo Jenggolo yang tersohor itu. Papak ujungnya dan melandai di bagian ekornya terpengaruh era Mataram. Ke-khas-an bentuk sirah cecak Tangguh Tuban yang buweng (membulat) merupakan warisan Pajajaran yang terus dipertahankan. Pada bagian pesi juga masih sangat wutuh, gilig sangat menunjang sisi tektomik maupun ergonomik bilah.

Terlepas siapa pembuat atau Empunya, orang-orang di pesisir utara Jawa Timur sepakat menyebutnya dengan Betok Brojol Tuban (tangguh lempoh). Perabot atau warangka yang ada adalah bawaan sebelumnya, masih cukup layak mengimbangi keangkeran bilah, terlebih pendok blewah mamas model surakarta dan warangka ladrang surakarta yang dibuat dari bahan kayu trembalo kuno yang masih menyelimuti sebilah keris warisan ini mempunyai nilai tambah tersendiri.

Incoming search terms:

  • bethok brojol tangguh jenggolo
  • keris jenggolo
Rp 7.777.700
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK144
Nama BarangKERIS TINDIH PALING TUA!! Jalak Budho Kuno
Harga Rp 7.777.700
Lihat Detail
Rp 5.555.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK145
Nama BarangKeris Carubuk Pamor Melati Rinonce Tangguh Pajajaran
Harga Rp 5.555.000
Lihat Detail
Rp 25.000.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK184
Nama BarangKeris Sengkelat PB X
Harga Rp 25.000.000
Lihat Detail
Rp 3.100.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK125
Nama BarangKeris Sengkelat Mataram Sultan Agung Sepuh
Harga Rp 3.100.000
Lihat Detail

Hubungi Kami

082 177 400 100
082 177 400 100
082 177 400 100
cspusakakeris@gmail.com

Semua Kategori