Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
Beranda » Dhapur Sempono » Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
OUT OF STOCK
Maaf, produk ini tidak tersedia.
Bagikan ke

Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh

Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Sempana Luk 9
  • Pamor (motif lipatan besi) : Singkir / Adeg Sapu
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Segaluh (Abad XIII)
  • Panjang Bilah : 33 cm
  • Warangka : Gayaman Surakarta Kayu Timoho Kuno
  • Handle / Gagang : Kemuning Bang Kuno
  • Pendok : Bunton Surakarta Kuningan
  • Mendak : Tembaga Sepuh Perak Hias Permata
  • Kode : PK240
  • Keris asli tangguh segaluh dengan pamor singkir nyekrak

Dialih rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.

Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh

Ulasan Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh

Pamor adeg sapu/singkir, Adalah penamaan umum untuk motif gambaran pamor yang bentuknya menyerupai garis membujur dari pangkal ke ujung bilah keris atau tosan aji lainya. Ada beberapa jenis pamor adeg. Diantaranya adalag pamor adeg mrambut, adeg sapu, adeg siji dan adeg wengkon. Secara umum, garis-garis pamor adeg mrambut adalah yang paling tipis dan halus, sekitar 0,2 mm. Yang lebih tebal dan kasar disebut adeg sapu. Sedangkan adeg siji garisnya paling tebal, sampai sekitar 4 mm dan berada tepat di tengah bilah. Dan untuk adeg wengkon merupakan perpaduan antara pamor wengkon dan adeg siji. Pamor Adeg ini tergolong pamor rekan, yakni motif pamor yang bentuknya dirancang terlebih dahulu oleh sang Empu. Ditinjau dari teknik pembuatannya, pamor adeg tergolong pamor miring, dimana saton-nya diletakkan tegak lurus terhadap inti bilah.

Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh

Pamor Singkir adalah penamaan umum untuk keris dengan motif gambaran pamor yang menyerupai garis-garis yang membujur dari pangkal hingga ujung bilah keris. Selain bentuk pamornya yang indah, keris singkir terkenal dengan nilai esoterisnya sebagai tolak bala penangkal pagebluk.

Meskipun sebenarnya Singkir itu sendiri bukan nama pamor, melainkan nama seorang empu yang tidak hanya satu orang dan dari zaman yang berbeda. Misalnya, ada Empu Singkir dari dusun Tapan pada zaman Pajajaran, Empu Ki Singkir Wonoboyo dari zaman Majapahit, Empu Singkir dari Sedayu, dan ada juga Empu Setra Banyu dari zaman Mataram. Namun karena sudah membudaya di kalangan perkerisan, maka keris tersebut tidak salah jika disebut keris singkir atau keris pamor singkir.

Keris yang dibuat oleh para Empu yang bernama Singkir tadi kemudian dipercaya memiliki fungsi tertentu, seperti menolak geni (api), banyu (air), angin, dan baya (bahaya). Karna public opinion tersebut, kebiasaan sebagian orang lalu menyebutnya dengan pamor singkir, yang mempunyai konotasi untuk menolak halangan atau menyingkirkan hal-hal jelek yang tidak diinginkan (Kalis Ing Sambikolo).

Tags: , , , , , , , , , , ,

Keris Singkir Tolak Wabah Pagebluk Asli Sepuh Kuno Tangguh Segaluh

Berat 1500 gram
Kondisi Bekas
Dilihat 1.398 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
WhatsApp WhatsApp us