Menu

Keris Pamor Wahyu Tumurun Tirto Tejo Dhapur Sempaner Sepuh Kuno

KategoriDhapur Sempaner, Katalog Produk, Keris, Keris Lurus, Keris Sepuh, Pamor Wahyu Tumurun, Tangguh Pajajaran
KodePK300
Di lihat194 kali
DhapurSempaner
PamorWahyu Tumurun / Tirto Tejo
TangguhPajajaran Sepuh
Panjang Bilah33,5 cm
WarangkaLadrang Surakarta Kayu Trembalo Kuno
Deder / HandleKayu Kemuning Bang
PendokBunton Surakarta Kuningan
Harga Rp 2.755.000
SUDAH TERMAHAR

Ulasan Keris Pamor Wahyu Tumurun Tirto Tejo Dhapur Sempaner Sepuh Kuno

Keris Pamor Wahyu Tumurun Tirto Tejo Dhapur Sempaner Sepuh Kuno

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Sempaner
  • Pamor (motif lipatan besi) : Wahyu Tumurun / Tirto Tejo
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Pajajaran Sepuh
  • Panjang Bilah : 33,5 cm
  • Warangka : Ladrang Surakarta Kayu Trembalo Kuno
  • Handle / Gagang : Kayu Kemuning Bang
  • Pendok : Bunton Surakarta Kuningan
  • Mendak : Tembaga Hias Permata
  • Kode : PK300

Keris berdhapur sempaner (sempana bener) sepuh yang masih lumayan utuh. Dengan pamor yang istimewa, kontras dan nampak jelas. Beberapa ricikan yang masih nampak jelas, kembang kacang utuh dan greneng yang masih nampak indah. Ditambah sandangannya dari kayu trembalo kuno yang serasi nan nampak estetik bersanding dengan kerisnya. Rasanya keris ini memang sangat pantas dan layak untuk dikoleksi.

Dhapur Sempaner

SEMPANA BENER, ada yang menyebutnya dengan nama sempaner, adalah salah satu bentuk dhapur keris lurus. Ukuran panjang bilahnya sedang, dan biasanya permukaan bilahnya nglimpa. Sempaner mempunyai ricikan sebagai berikut; kembang kacang, jalen, lambe gajah, tikel alis dan ri pandan. Menurut mitos atau dongeng Dhapur Sempaner dibabar oleh Mpu Ciptagati pada masa pemerintahan Nata Raja Budda Kresna tahun Jawa 265.

Jaman dahulu keris dhapur Sempaner banyak dimiliki oleh mereka yang aktif bekerja untuk raja atau kerajaan. Sebagian pecinta keris menganggap tuah keris dapur sempaner saat ini baik untuk dimiliki oleh orang yang masih aktif bekerja dalam dunia pemerintahan atau masyarakat. “Sae kagem ngabdi“. Sama halnya dengan keris brojol dan tilam upih, keris sempaner termasuk cukup populer dan banyak ditemui di segala tangguh, seperti tangguh Pajajaran hingga Nom-noman.

Filosofi Keris Sempaner

FILOSOFI, Sempaner berasal dari kata Sempana Bener atau Sumpena Bener secara harafiah berarti mimpi yang lurus (benar). Dalam arti yang lebih dalam dhapur Sempaner memuat suatu pesan angan-angan, harapan serta cita-cita. Dan apabila keinginan tersebut apabila dilandasi suatu pemahaman yang benar akan menjadi suatu kenyataan.

Bahwa manusia dalam menggapai keinginan hendaknya harus diselaraskan dengan kemampuan atau potensi yang dimiliknya. Seperti yang dinyatakan dalam ujar-ujar, “Bisa rumangsa, aja rumangsa bisa” atau bisalah merasakan jangan hanya merasa bisa dalam menggapai sesuatu. Atau orang hendaknya bisa mengukur batas-batas kemampuannya, jangan hanya merasa bisa tapi tanpa dibekali pengetahuan dan kemampuan yang memadai.

Sopo sing tekun bakal tekan, Tekun mempunyai pengertian mengerjakan sesuatu dengan rajin, ulet dan tidak putus asa atau putus di tengah jalan. Orang yang tekun tidak goyah oleh godaan dan kritikan orang lain yang tidak mendukungnya. Ketekunan terhadap suatu pekerjaan membuat bahagia orang yang mengerjakan. Orang lain yang memperhatikan pun akan ikut senang. Dari sini lama kelamaaan mengundang rasa hormat

Bener-Lurus, dalam beribadah kita selalu mohon kepada Tuhan YME agar selalu diberikan jalan yang lurus. Lurus berarti tidak menyimpang dari jalur yang telah ditetapkan. Lurus juga bisa berarti tidak berlebihan juga tidak kekurangan, berada di tengah-tengah. Seseorang yang jika di dalam hidupnya mengusahakan untuk selalu berada pada jalur yang ‘bener‘ berarti akan bertindak lurus dan luhur budinya.

Maka pemahaman yang benar yang diselaraskan dengan potensi yang dimiliki, serta usaha dengan tekun dan ikhitiar doa itulah yang akan mengantar kepada sebuah cita-cita, inilah esensi sebenarnya dari dhapur sempana bener.

Filosofi Pamor Wahyu Tumurun

Keris dengan pamor Wahyu Tumurun banyak dicari oleh para penggemar Tosan Aji karena dipercaya memiliki tuah yang baik untuk membantu pemiliknya dalam mencapai harapan dan cita-citanya.
“Wahyu” artinya anugerah/keberuntungan/ilham/wangsit, dan “Tumurun” artinya turun. Jadi, Wahyu Tumurun dapat di artikan sebagai turunya wahyu, anugerah, keberuntungan, ilham, atau wangsit dari Yang Maha Kuasa.

Pamor Wahyu Tumurun memiliki makna sebuah pengharapan yang tinggi agar pemiliknya selalu diberikan petunjuk atau wahyu yang berkaitan dengan pangkat, jabatan, dan kemapanan, karena untuk mencapai kedudukan tinggi perlu adanya wahyu atau campur tangan Tuhan.

Manusia boleh memiliki kepandaian, keterampilan dan kecerdasan dalam berbagai hal, atau bahkan memiliki banyak pengikut sekalipun tapi tanpa adanya wahyu atau kehendak Tuhan, maka semua itu akan sia-sia.

Itulah filosofi dari pamor Keris Wahyu Tumurun, yaitu agar Manusia selalu ingat kepada Tuhan dan selalu mengikut sertakan Tuhan dalam setiap langkahnya, karena kehendak Tuhan-lah yang akan menentukan segalanya.

Pamor Keris Wahyu Tumurun merupakan pesan tentang hubungan manusia dengan Tuhan dalam segala hal, bahwa semua hal termasuk pangkat dan kedudukan adalah mutlak kehendak Tuhan sebagai titipan atau amanat yang harus dijaga sebaik mungkin. Maka sudah selayaknya jika pangkat dan kedudukan tidak menjadikan manusia menjadi lupa diri dan takabur.

Incoming search terms:

  • emas asli
Rp 1.777.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK298
Nama BarangKeris Kolonadah Luk 5 Pamor Banyu Mili Sepuh Kuno Tua
Harga Rp 1.777.000
Lihat Detail
Rp 2.250.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK173
Nama BarangPusaka Keris Panimbal Pamor Pedaringan Kebak Mataram Sultan Agung
Harga Rp 2.250.000
Lihat Detail
Rp 2.750.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK165
Nama BarangKeris Carubuk Pamor Pulo Tirto Sepuh
Harga Rp 2.750.000
Lihat Detail
Rp 2.555.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK320
Nama BarangKeris Sabuk Inten Pusaka Peninggalan Kerajaan Mataram Sultan Agung
Harga Rp 2.555.000
Lihat Detail

Semua Kategori

Cari Sesuai Dhapur Keris