Menu

Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka

KategoriDhapur Tilam Upih, Keris, Keris Lurus, Keris Sepuh, Pamor Beras Wutah, Pamor Dwi Warno, Pamor Lintas Mas, Tangguh Mataram
KodeK156
Di lihat467 kali
DhapurTilam Upih
PamorLintas Mas dan Wos Wutah
TangguhMataram Abad Ke 17 masehi
Panjang Bilah36,8 cm
WarangkaLadrang Surakarta Kayu Timoho Kuno Original Bawaan Bilah
Deder/HuluKayu Kemuning Bang Kuno
PendokKuningan Kuno
Harga Rp (Hubungi CS)
SUDAH TERMAHAR

Ulasan Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka

Pusaka Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Tilam Upih
  • Pamor (motif lipatan besi) : Lintas Mas Dan Wos Wutah (Dwi Warno) Pamor tidak putus dari atas sampai bawah bilah.
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Mataram Abad Ke 17 masehi
  • Panjang Bilah : 36,8 cm
  • Warangka : Ladrang Surakarta Kayu Timoho Kuno Original Bawaan Bilah
  • Handle / Gagang : Kayu Kemuning Bang Kuno
  • Pendok : Kuningan Kuno
  • Mendak : Kuningan Kuno
  • Kode: K156

Dialih rawatkan (dimaharkan) sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.

Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka

Keris Pamor Lintas Mas

Pamor Lintas Mas adalah salah satu pamor keris yang saat ini sulit dan jarang ditemui, sehingga pamor ini tergolong pamor langka. Tak heran jika banyak kolektor mencarinya dan mengidam-idamkan pamor lintas mas tersebut.

Lintas Mas, Lintas bermakna sebuah jalur atau jalan, sedangkan mas artinya emas atau barang berharga, yang disini diartikan sebagai rejeki. Lintas Mas memiliki makna sebagai jalan rejeki, rejeki disini tidak hanya diartikan sebagai uang semata, melainkan apapun yang mendatangkan sebuah kebahagiaan hidup manusia. Bisa berupa pangkat, jabatan, uang, anak, saudara, dan hal-hal lain yang itu diharapkan manusia dan membuat manusia itu bahagia. Yang tersirat dari pamor lintas mas yaitu sebuah harapan agar manusia bisa menemukan jalan kebahagiaannya, semua harapan dan cita-citanya dapat tercapai dengan mudah.

Kebanyakan para pecinta esoteri keris, pamor lintas mas dipercaya tuahnya yang baik untuk berdagang, berbisnis, niaga dan sebagainya. Karena kebanyakan orang memang meinginkan kesuksesan dalam hal tersebut. Namun yang lebih utama adalah Lintas Mas sebagai Jalan Kebahagiaan, yang tuahnya memang untuk mempercepat kesuksesan seseorang dalam bidang apa saja dan dalam hajad apa saja termasuk ingin dikaruniai Anak, Pasangan dan sebagainya.

Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka

Keris Pamor Wos Wutah

Harafiah berarti “beras tumpah”, oleh kebanyakan penggemar keris dianggap memiliki tuah yang dapat membuat pemiliknya mudah mencari rejeki, berkelimpahan. Oleh sebagian ahli tanjeg dikatakan bahwa di dalam pamor ini tersembunyi tuah lain yang baik, misalkan menghindarkan pemilik dari bahaya.

Bagi lelaki Jawa yang telah menikah, pamor ini juga mengingatkan akan tanggung jawab lelaki sebagai kepala keluarga untuk bertanggungjawab menghidupi / menafkahi keluarganya, sebagaimana tercermin dari ritual “kacar-kucur” pengantin Jawa, dimana pihak lelaki “menumpahkan beras” ke tempat yang telah disediakan pihak perempuan. Arti simbolis ritual ini juga berarti bahwa rejeki yang didapat sang suami “tidak lari kemana-mana” selain ke istri sendiri – yang sekaligus menjadi pengelolanya.

Keris Tilam Upih Pamor Lintas Mas Langka

Dhapur Keris Tilam Upih

Menurut kitab sejarah Narendra Ing Tanah Jawi (1928) dhapur Tilam Upih (diberi nama Jaka Piturun) dibuat bebarengan dengan dhapur Balebang (diberi nama Pamunah) pada tahun 261 Saka pada era pemerintahan Nata Prabu Dewa Budhawaka.

Dhapur Tilam Upih merupakan dhapur yang paling populer di seluruh wilayah Nusantara dan relatif bisa dijumpai pada setiap tangguh, mulai dari tangguh sepuh sanget hingga tangguh kamardikan sekarang ini.

Dhapur Tilam Upih bentuknya hampir sama dengan dhapur Brojol dan dhapur Tilam Sari, perbedaanya dhapur Brojol tidak dilengkapi dengan ricikan: tikel alis, sedangkan dhapur Tilam Sari sama dengan dhapur Tilam Upih menggunakan tikel alis ditambah lagi ricikan: tingil.

Keris dhapur Tilam Upih tergolong jenis keris yang bukan pemilih, sehingga semua dapat dikenakan oleh masyarakat umum hingga para bangsawan.

Pada umumnya keris ini dikenakan oleh mereka yang sudah berkeluarga, atau mereka yang telah lanjut usia, namun juga tidak menutup kemungkinan dikenakan oleh mereka yang masih muda.

FILOSOFI, Tilam Upih berarti pembaringan yang putih suci dan indah. Makna mendalam yang terkandung dalam dhapur Tilam Upih adalah tujuan dan harapan setiap manusia ketika kembali ke pangkuan Tuhan Sang Maha Pencipta, oleh karenanya dhapur keris ini sebagai pameling untuk senantiasa dapat menjalankan perintah dan menjauhkan larangan-Nya selama di dunia.

Incoming search terms:

  • keris pamor lintas mas
Rp 2.550.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK206
Nama BarangPusaka Keris Kebo Teki Sepuh Kuno
Harga Rp 2.550.000
Lihat Detail
Rp 13.330.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK233
Nama BarangPAMOR ISTIMEWA!! Keris Sinom Pamor Bonang Rinenteng Sepuh
Harga Rp 13.330.000
Lihat Detail
Rp 2.750.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK165
Nama BarangKeris Carubuk Pamor Pulo Tirto Sepuh
Harga Rp 2.750.000
Lihat Detail
Rp 2.550.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK171
Nama BarangPusaka Keris Empu Koso Pamor Jung Isi Dunyo Madura Sepuh
Harga Rp 2.550.000
Lihat Detail

Semua Kategori