Menu

Keris Kuno Carubuk Pamor Putri Kinurung Tangguh Pajajaran Sepuh

KategoriDhapur Carubuk, Katalog Produk, Keris, Keris Luk 7, Keris Sepuh, Pamor Ngulit Semangka, Pamor Putri Kinurung, Tangguh Pajajaran
KodePK461
Di lihat234 kali
DhapurCarubuk Luk 7
PamorKulit Semangka + Putri Kinurung
TangguhPajajaran
Panjang Bilah35,5 cm
WarangkaGayaman Jogja Kayu Setigi
Harga Rp 2.555.000
Beli Sekarang

Ulasan Keris Kuno Carubuk Pamor Putri Kinurung Tangguh Pajajaran Sepuh

Keris Kuno Carubuk Pamor Putri Kinurung Tangguh Pajajaran Sepuh

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Carubuk
  • Pamor (motif lipatan besi) : Kulit Semangka + Putri Kinurung (besi Berserat)
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Pajajaran
  • Panjang Bilah : 35,5 cm
  • Warangka : Gayaman Jogja Kayu Setigi
  • Handle / Gagang : Kayu kemuning
  • Pendok : Bunton Jogjakarta Kuningan Templek
  • Mendak : Tembaga Sepuh Emas
  • Kode : PK461

Sejarah Keris Kyai Carubuk Sebagai Pusaka Sunan Kalijaga

Dalam satu legenda dikisahkan, Kanjeng Sunan Kalijaga meminta tolong kepada Mpu Supa Mandragi untuk dibuatkan sebuah keris coten-sembelih (untuk menyembelih kambing). Sunan Kaljaga memberikan besi yang ukurannya sebesar biji asam jawa sebagai bahan pembuatan keris kepada Mpu Supa Mandrangi. Mengetahui besarnya calon besi tersebut, Empu Supa sedikit terkejut. Namun setelah Mpu Supa menerima besi tersebut dari Kanjeng Sunan Kalijaga, Ia berkata “besi ini bobotnya berat sekali, tak seimbang dengan besar wujudnya dan tidak yakin apakah cukup untuk dibuat keris”. Lalu Sunan Kalijaga berkata “besi itu tidak hanya sebesar biji asam jawa tetapi besarnya seperti gunung”. Karena ampuhnya perkataan Kanjeng Sunan Kalijaga, pada waktu itu juga besi yang sebesar biji asam jawa tersebut menjelma menjadi sebesar gunung. Hati empu Supa menjadi gugup, karena mengetahui bahwa Kanjeng Sunan Kalijaga memang benar-benar wali yang dikasihi oleh Sang Pencipta Kehidupan, yang bebas mencipta apapun. Lantaran itu, empu Supa berlutut dan takut.

Ringkas cerita, besipun kemudian dikerjakan oleh Mpu Supa Mandrangi. Tidak lama kemudian, jadilah sebilah keris, kemudian Mpu Supa Mandrangi menyerahkan keris tersebut kepada Kanjeng Sunan Kalijaga. Begitu melihat bentuk kerisnya, Kanjeng Sunan Kalijaga menjadi kaget karena hasil kejadian keris itu berbeda jauh sekali dengan yang dimaksudkan. Semula ia bermaksud meminta dibuatkan keris untuk menyembelih kambing, ternyata yang dihasilkan adalah keris Jawa (baca Nusantara) asli Majapahit, luk tujuhbelas. Begitu mengetahui keindahan keris, perasaan Kanjeng Sunan Kalijaga tersentuh, oleh karena itu mengamatinya sempai puas tidak bosan-bosannya. Kemudian ia berkata sambil tertawa dan memuji keindahan keris itu.

Kemudian Kanjeng Sunan Kaljaga memberikan besi sebesar biji kemiri kepada Mpu Supa Mandrangi dan meminta Mpu Supa Mandrangi untuk membuatkannya sebilah keris lagi. Lalu Empu Supa mengerjakannya, dan setelah dikerjakan, jadilah sebilah keris mirip pedang suduk (seperti golok atau belati). Kemudian Mpu Supa Mandrangi menyerahkan keris tersebut kepada Kanjeng Sunan Kaljaga. Begitu mengetahui wujud keris yang dihasilkan, Kanjeng Sunan Kalijaga sangat senang hatinya dan menamai keris tersebut dengan nama “Keris Kyai Carubuk”.Keris Kyai Carubuk ini kemudian menjadi senjata pusaka Sultan hadiwijaya, dan pernah digunakan bahkan sanggup mengalahkan keris kyai setan kober milik arya penangsang yang ketika itu digunakan oleh pesuruh Arya Penangsang untuk melakukan percobaan pembunuhan kepada Sultan Hadiwijaya. Karena utusan Arya Penangsang dapat dikalahkan, keris Kyai Setan Kober diambil oleh Sultan Hadiwjaya, lalu dikembalikan sendiri oleh Sultan Hadiwjaya kepada Arya Penangsang yang membuat Arya Penangsang tersinggung dan marah. Karena Arya Penangsang tersinggung dan marah, maka timbul kerbutan antara Arya Penangsang dan Sultan Hadiwijaya, dan keributan tersebut dapat dihentikan oleh Kanjeng Sunan Kudus.

Rp 3.111.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK293
Nama BarangKeris Carito Gandu Pamor Adeg Sapu Singkir Sepuh Kuno
Harga Rp 3.111.000
Lihat Detail
Rp 3.511.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK469
Nama BarangKeris Pamor Bendo Segodo Tuban Kuno
Harga Rp 3.511.000
Lihat Detail
Rp 2.888.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK401
Nama BarangKeris Pulanggeni Luk 5 Tangguh Mataram Utuh Sepuh
Harga Rp 2.888.000
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK056
Nama BarangTombak Pusaka Sigar Jantung Pamor Sanak
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail

Semua Kategori

Cari Sesuai Dhapur Keris