Menu

KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua

KategoriDhapur Bethok Sombro, Keris, Keris Kuno, Keris Lurus, Keris Sepuh, Pamor Kelengan, Tangguh Majapahit
Kodek236
Di lihat2388 kali
DhapurSombro
PamorKeleng Hurap
TangguhMajapahit (Abad XIII)
Panjang Bilah19,5 cm (pesi utuh masih panjang original model puntiran)
WarangkaSandhang Walikat Kayu Cendana Jawa
Deder / HuluKayu Kemuning Kuno
MendakPerunggu Kuno
Harga Rp (Hubungi CS)
SUDAH TERMAHAR

Ulasan KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua

KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Bethok Sombro
  • Pamor (motif lipatan besi) : Keleng Hurap Berserat Besi Kehijauan
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Majapahit (Abad XIII)
  • Panjang Bilah : 19,5 cm (pesi utuh masih panjang original model puntiran)
  • Warangka : Sandhang Walikat Kayu Cendana Jawa
  • Handle / Gagang : Kayu Kemuning Kuno
  • Mendak: Perunggu Kuno
  • Kode: K236

Dialih rawatkan (dimaharkan) KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.

KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua

Tentang Keris Sombro

Nyi Mbok Sombro merupakan icon empu perempuan dan symbol isoteristik dalam dunia perkerisan yang hingga sekarang karyanya masih diburu. Salah satu sebabnya adalah bahwa secara tektomik dan ergonomik keris Nyi Sombro bukanlah keris sebagai senjata “fisik”, melainkan jenis senjata “spiritual”. Pada pemahaman eksoteri (garap) dinyatakan kualitas keris karya empu Nyi Sombro antara lain wasuhan pamornya keset lembut, alus, pamor ngambang, serta besinya padat berserat (ngglugut), tidak ada yang berluk.

Keris Sombro yang dipercaya asli buatan sang Empu bilahnya agak pipih, dipastikan bukanlah hasil rekayasa dari pedang-pedang bekas atau keris yang ujungnya aus dirubah menjadi keris Sombro. Keris Sombro tidak pernah diketemukan ber-luk. Besi keris Sombro sangat bagus seperti keris-keris pilihan tangguh Majapahit tanpa pamor, keleng hurap berserat agak kebiruan. Jika berpamor biasanya bahan pamornya meteorit, jika diamati ada nuansa mengkilat dan dop. Ini disebabkan unsur nikel atau titaniumnya terkonsentrasi pada saat pemanasan lalu mengelompok (njendel), sedang unsure campuran dari jenis siderite menjadi dop (buram). Pamornya biasanya ngambang, tipis dan tidak menancap ke dalam, jarang ditemui yang berpamor rekan. Sering pula diketemukan keris Sombro dengan pamor motif tiban membentuk pamor Rojo Gundolo. Itulah ciri keris Sombro yang diyakini buatan asli sang Empu wanita ini.

Keris Sombro dengan bentuknya yang spesifik, telah dikenali oleh masyarakat umum perkerisan. Keindahannya ada pada kesederhanaan bentuknya, sebagai keindahan intrinsik. Tanpa dekorasi maupun keindahan ornamental, karena dhapur keris Sombro memang tanpa ricikan. Akan tetapi keris Sombro dan nama Nyi Mbok Sombro mampu bertahan dan terkenal dalam khasanah mpu popular di tengah nama-nama besar seperti empu ki Nom Sendang Sedayu dan empu terkenal lainnya dari Jaman ke jaman. Keris Sombro juga tetap dicari seperti keris dhapur favorit lainnya sebagai misal keris Naga Sasra, hingga saat ini. Kekuatan non bendawi yang terkandung di dalam keris ditangkap masyarakat telah melekat dan diyakini. Meski catatan-catatan valid dan bertanggung jawab sangatlah minim, namun keris Sombro memiliki fenomena dan kekuatannya sendiri yang tidak bisa diabaikan.

KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua KERIS PUSAKA TINDIH!! Betok Sombro Asli Sepuh Kuno Tua

Tentang Keris Pusaka Tindih

KERIS TINDIH (tindhih) adalah sebutan bagi keris yang dianggap mempunyai tuah yang baik bagi para kolektor tosan aji. Di kalangan para kolektor tosan aji, sering ada anggapan bahwa di antara keris koleksinya mungkin ada yang mempunyai energi / tuah buruk. Walau demikian, is merasa sayang untuk membuang (melarung) atau menjualnya. Untuk menetralkan atau menangkal pengaruh buruk dan energi / tuah keris yang jelek itu, biasanya para kolektor memiliki keris tindih.

Keris ini dianggap mempunyai kekuatan yang dapat meredam segala pengaruh buruk dari keris lain. Dengan memiliki satu atau beberapa buah keris tindih, sang kolektor akan merasa dirinya lebih aman. Keris-keris yang sering dianggap sebagai keris tindih pada umumnya adalah keris tangguh tua, di antaranya yang berdapur Jalak Budo, Betok, Semar Tinandu dan Semar Betak. Tetapi dapur keris tidak mutlak dijadikan pertimbangan untuk menentukan apa-kah sebilah keris dapat dianggap sebagai keris tindih atau tidak, karena dapur Tilam Upih pun jika diyakini itu benar-benar tangguh tua, bisa juga dianggap seba-gai keris tindih.

Di kalangan pecintanya, keris tindih hampir selalu diberi warangka sandang walikat. Sebagian kecil diberi warangka gayaman, dan tidak pernah ada keris tindih yang diberi warangka ladrang atau branggah. Dalam tempat penyimpanan keris, umpamanya di lemari pusaka, biasanya keris yang dianggap sebagai keris tindih ditempatkan di bagian rak yang paling atas.

Incoming search terms:

  • keris bethok mataram
  • keris bethok so
  • keris betok sombro
  • manfaat keris combro
Rp 6.555.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK235
Nama BarangKeris Pamor Junjung Derajat Asli Sepuh Tuban Empu Bekel Jati
Harga Rp 6.555.000
Lihat Detail
Rp 1.100.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK267
Nama BarangKeris Kontemporer Panji Pengawak Wojo Kamardikan Antik Unik
Harga Rp 1.100.000
Lihat Detail
Rp 1.888.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK316
Nama BarangKeris Kyai Semar Pamor Gunung Kobong Unik Tangguh Pajajaran Kuno
Harga Rp 1.888.000
Lihat Detail
Rp 2.755.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK147
Nama BarangPusaka Keris Sempono Corok Luk Hemet
Harga Rp 2.755.000
Lihat Detail

Semua Kategori

Cari Sesuai Dhapur Keris