Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
Beranda » Dhapur Tilam Upih » Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh
click image to preview activate zoom

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh

Rp 24.000.000
KodeW012
Stok Habis
Kategori Dhapur Tilam Upih, Katalog Produk, Keris, Keris Istimewa, Keris Lurus, Keris Sepuh, Pamor Toya Mambeg, Tangguh Blambangan, TOSAN AJI 7
Jenis : Keris Lurus
Dhapur Tilam Upih
Pamor : Toya Mambeg
Tangguh Blambangan
Abad / Tahun : XIII
Warangka : Ladrang Surakarta
Bahan Warangka : Kayu Trembalo Gandar Iras Kuno
Pendok : Blewah Mamas Kuno
Mendak : Kendhit
Tentukan pilihan yang tersedia!
OUT OF STOCK
Maaf, produk ini tidak tersedia.
Bagikan ke

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh merupakan salah satu koleksi dari ratusan banyak koleksi kami. Keris ini berdhapur Tilam Upih, merupakan dhapur keris lurus dengan ricikan hanya tikel alis dan pejetan. Untuk pamor yang tergurat di sekujur bilahnya adalah pamor Toya Mambeg. Pamor ini merupakan pamor yang sangat langka dan penuh keindahan. Dari segi teknik pembuatannya pamor Toya Mambeg tergolong pamor miring. Sedangkan dari penilaian material bilah, garap dan rancang bangunnya, keris ini diperikan tangguh Blambangan. Tentu saja keris ini adalah keris sepuh dengan usianya yang sudah ratusan tahun. Dilengkapi dengan sandangan warangkanya model Ladrang Surakarta dari kayu Trembalo kuno, sudah sangat serasi dan layak untuk menjadi ageman dan koleksi.

Menyusuri Keanggunan dan Keberanian: Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh, sebuah karya seni pusaka yang mengundang decak kagum, menyimpan dalam dirinya kekayaan sejarah dan keindahan yang tak terhitung. Sebagai bagian integral dari ratusan koleksi yang kami pamerkan, keris ini membawa kita dalam petualangan melintasi waktu, melalui keanggunan dhapur Tilam Upih, ricikan yang anggun, dan pamor Toya Mambeg yang langka.

Dhapur Tilam Upih dan Ricikan Tikel Alis: Kelembutan dalam Kekuatan

Keris ini membanggakan dhapur Tilam Upih, sebuah bentuk lurus yang menciptakan keindahan melalui ricikan yang sederhana, hanya tikel alis dan pejetan. Kelembutan yang terkandung dalam kekuatan ini menciptakan keseimbangan yang mempesona, mengundang siapa saja yang melihatnya untuk merenung dalam keanggunan desainnya.

Pamor Toya Mambeg: Kekuatan yang Jarang Terdapat

Sekujur bilah keris ini dihiasi oleh pamor Toya Mambeg, sebuah pamor yang tidak hanya langka tetapi juga memancarkan keindahan yang luar biasa. Pamor ini bukan hanya sekedar ornamen, melainkan pencerminan dari kekuatan dan keberanian yang tersimpan dalam setiap serat keris. Dari segi teknik pembuatannya, pamor Toya Mambeg tergolong pamor miring, menambah daya tarik seni pada keris ini.

Pamor Toya Mambeg, artinya Air Menggenang (terhenti tidak mengalir) adalah bentuk gambaran pamor yang hampir serupa dengan pamor tumpuk, tetapi bersusun-susun bergelombak mirip ombak. Pamor ini tergolong pamor miring dan bukan pamor pamilih, artinya semua orang bisa memiliki.

Pamor Toya Mambeg menggambarkan sebuah harapan dan keinginan manusia untuk kelancaran dalam rejekinya dan rejeki yang telah didapat tidak mudah mengalir keluar alias menumpuk (mambeg).

Tangguh Blambangan: Kekuatan dalam Setiap Serat

Keris ini bukan hanya sebuah benda seni yang menawan, tetapi juga menunjukkan kekuatan dalam bahan, garap, dan rancang bangunnya. Dengan penilaian material bilah yang cermat, garap yang presisi, dan rancang bangun yang kuat, keris ini diperikan tangguh Blambangan. Sebuah klasifikasi yang menyiratkan sejarah dan ketangguhan keris ini selama berabad-abad.

Usia yang Mencapai Ratusan Tahun: Kekuatan dalam Kematangan

Sebagai keris sepuh, Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh telah mencapai usia ratusan tahun. Usianya yang matang memberikan sentuhan kematangan dan kedalaman makna, menjadikannya lebih dari sekadar benda seni, melainkan saksi bisu dari perjalanan panjang sejarah dan keberanian yang telah dihadapi.

Sandangan Warangka Model Ladrang Surakarta: Keindahan dalam Kesempurnaan

Kesesuaian antara keris dan sandangan warangkanya model Ladrang Surakarta dari kayu Trembalo kuno memberikan sentuhan kesempurnaan pada tampilan keseluruhan. Kombinasi yang serasi antara benda seni ini menciptakan sebuah karya yang tak hanya layak untuk diagungkan dan dikoleksi, tetapi juga layak dipuja sebagai manifestasi keindahan.

Menggali Kekuatan dan Keindahan yang Tersimpan

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh bukan hanya sekedar benda seni pusaka, melainkan sebuah kisah hidup dan perwujudan keberanian. Dengan dhapur yang menawan, pamor yang langka, dan usia yang membanggakan, keris ini membawa kita dalam sebuah perjalanan menyeluruh yang merangkum keindahan seni pusaka Indonesia. Bagi para pecinta sejarah dan seni, keris ini bukan sekadar objek koleksi, tetapi juga jendela yang membuka keunikan dan kekayaan budaya yang terus hidup, mengisahkan cerita yang tak pernah lekang oleh waktu.

Tags: , , ,

Keris Pamor Toya Mambeg Sepuh

@tosanajigroup

Keris Pamor Toya Mambeg Toya Mambeg adalah salah satu pamor keris yang langka. Dari segi teknik pembuatannya, pamor Toya Mambeg tergolong pamor miring. Lapisan-lapisan saton-nya (besi-pamor-besi-pamor, dst.) melintang atau tegak lurus dengan permukaan bilah keris pusaka. Pamor ini secara filosofi dimaknai sebagai simbol rejeki atau kekayaan yang menumpuk (mambeg) tidak mudah habis dan hilang begitu saja. WhatsApp 082177400100 #keris #kerispamor #filosofi #sejarah #filsafat #koleksi #barangantik #unik #heirloom #fyp #viral

♬ suara asli - Tosan Aji Group - Tosan Aji Group (Galeri Keris)
Berat 1500 gram
Kondisi Bekas
Dilihat 94 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
WhatsApp WhatsApp us