Menu

Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten

KategoriDhapur Sabuk Inten, Keris, Keris Luk 11, Keris Sepuh, Pamor Lintang Kemukus, Tangguh Mataram, Tangguh Mataram Senopaten
Stok 1
KodeK239
Di lihat381 kali
DhapurSabuk Inten
PamorLintang Kemukus
TangguhMataram Senopaten (Abad XV)
Panjang Bilah33 cm (pesi utuh masih panjang original)
WarangkaLadrang Surakarta
Deder / HuluSolo (Surakarta)
PendokBlewah
Harga Rp 2.110.000
Beli Sekarang

Ulasan Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten

Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten

  • Dhapur Keris (jenis bentuk keris) : Sabuk Inten Luk 11
  • Pamor (motif lipatan besi) : Wos Wutah Lintang Kemukus
  • Tangguh (perkiraan masa pembuatan) : Mataram Senopaten (Abad XV)
  • Panjang Bilah : 33 cm (pesi utuh masih panjang original)
  • Warangka : Ladrang Surakarta
  • Handle / Gagang : Solo (Surakarta)
  • Pendok : Blewah
  • Mendak: Mrican
  • Kode: K239

Dialih rawatkan (dimaharkan) Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten sesuai dengan foto dan deskripsi yang tertera.

Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten

Ulasan Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten

SABUK INTEN, adalah salah satu bentuk dhapur keris luk sebelas. Ukuran panjang billahnya sedang, permukaan bilahnya nglimpa. Keris ini memakai kembang kacang, lambe gajah-nya ada dua. Ricikan lain yang terdapat pada keris Sabuk Inten adalah sogokan rangkap, sraweyan, dan ri pandan atau greneng. Ada juga keris dhapur lain yang bentuknya amat mirip dengan dhapur Sabuk Inten, yaitu dhapur Carita Keprabon. Jumlah luknya juga sebelas. Ricikan lainnya juga hampir sama, kecuali pada ricikan gusen. Carita Keprabon memakai gusen dan lis-lisan, sedangkan keris Sabuk Inten tidak.

Nama Dhapur Sabuk Inten menjadi terkenal sejak tahun 1970-an, karena disebut-sebut dalam buku cerita silat Jawa berjudul Nagasasra Sabuk Inten, karya S.H Mintardja. Dua keris ini disebut-sebut sebagai warisan zaman Majapahit. Keduanya bahkan sering disebut dalam satu rangkaian Nogososro-Sabuk Inten. Tak lain karena kedua keris ini diyakini sebagai sepasang lambang karahayon atau kemakmuran sebuah kerajaan. Nogososro mewakili wahyu keprabon yang hilang dari tahta Demak dan Sabuk Inten mewakili kemuliaan dan kejayaannya. Naga sasra sabuk inten bukan sekedar pusaka berwujud keris, tetapi sebuah lambang kehidupan pengembaraan manusia yang memburu kesempurnaan sejati dalam kehidupan di dunia. Namun di zaman modern seperti sekarang, keris berdapur Sabuk Inten lebih menarik minat seseorang untuk memilikinya. Tak lain karena keris tersebut diyakini bisa melancarkan rejeki dan mendatangkan kemuliaan. Hampir semua kolektor memiliknya, termasuk Penulis sendiri.

Kangjeng Kiai Toya Tinambak, Membicarakan keris luk 11 kita akan teringat dengan kisah heroik Panembahan Senopati dengan pusaka Ageman-nya, Keris Kanjeng Kiai Toya Tinambak. Pusaka ini adalah salah satu saksi dari kebesaran yang dijalani oleh Sutawijaya, menuju puncak keemasannya: mendirikan keraton sendiri dan mengalahkan kekuasaan ayah angkatnya Sultan Hadiwijaya dari Pajang. Disebut-sebut dalam banyak babad atau cerita kuno, kemasyuran Panembahan Senopati tidak bisa dilepaskan dari pusaka ageman-nya ini yang beliau dapatkan dari trah Pengging (awalnya ageman Ki Ageng Pengging) sejak beliau masih memakai nama Raden Ngabehi Loring Pasar. Meski bentuknya sangat sederhana, namun pusaka dengan dhapur luk 11 , tangguh Pengging dan pamor beras wutah ini sangat diyakini piandelnya oleh Panembahan Senopati. Bahkan, banyak yang percaya, keris itulah yang menghantarkannya menjadi Raja di tanah Jawa, dari yang bukan apa-apa hingga menjadi wong agung ing ngeksiganda. Dan hal itu menjadi terbukti ketika berperan sebagai pendiri dinasti Mataram, Panembahan Senopati mampu menyatukan seluruh wilayah pulau Jawa. Sementara dalam cerita kuno yang lain disebutkan, luk 11 yang ada dalam keris itu juga mencerminkan karakteristik Panembahan Senopati sekaligus selaras dengan perjalanan hidupnya yang penuh dengan liku. Anak Ki Ageng Pemanahan ini memang dikenal cerdik sebagai politikus, karena pandai menangkap moment dan ahli strategi. Maka tidak mengherankan, ketika terjadi geger Kartosuro yang menyebabkan banyak raibnya pusaka keraton, keris Kanjeng Kiai Toya Tinambak termasuk salah satu pusaka yang banyak dicari, sebab generasi Senopaten menganggap keris tersebut memilki tuah tentang keluhuran seorang Pemimpin Besar atau Raja.

Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten Keris Kyai Sabuk Inten Pamor Lintang Kemukus Mataram Senopaten

FILOSOFI, Bentuk Sabuk Inten menurut serat Centhini artinya adalah permata yang sangat indah, maksudnya adalah hati manusia sendiri. Adapun rahasia maknanya adalah bahwa kemuliaan manusia itu sudah ditentukan, tinggal meraihnya saja dengan cara memperhatikan tata krama (norma dan moral) yang berlaku. Sabuk Inten mengingatkan pemiliknya untuk senantiasa hidup dalam kesadaran, bahwa hidup adalah (se) welas/belas kasih Allah, lingkungan dan orang tua (luk 11). Oleh karena itu manusia perlu juga memancarkan belas kasih Allah kepada sesamanya. Berdasar pemahaman ilmu tanda (semiotik) manusia yang mampu menjadikan belas kasih sebagai sabuk kehidupan, maka ia akan berhasil menempuh kehidupan. Luk 11 pada intinya merupakan lambang kedinamisan dan semangat pantang menyerah untuk menggapai tujuan.

Incoming search terms:

  • perbedaan keris kiyai sengkelat dan sabuk inten
Rp 7.777.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK108
Nama BarangKeris Pamor Miring Toya Mambeg Tangguh Blambangan Kuno
Harga Rp 7.777.000
Lihat Detail
Rp 13.330.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK233
Nama BarangPAMOR ISTIMEWA!! Keris Sinom Pamor Bonang Rinenteng Sepuh
Harga Rp 13.330.000
Lihat Detail
Rp 4.750.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePK170
Nama BarangPusaka Keris Sengkelat Kinatah Emas Asli Sepuh Kuno
Harga Rp 4.750.000
Lihat Detail
Rp 5.555.000
Order Sekarang » SMS : 082 177 400 100
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeK145
Nama BarangKeris Carubuk Pamor Melati Rinonce Tangguh Pajajaran
Harga Rp 5.555.000
Lihat Detail

Semua Kategori